Oktober 31, 2020

KOMUNITAS KITASAMA

Menebar Pengetahuan Membuka Wawasan

CARA MUDAH MENDAPATKAN IDE DAN BISA MENULIS DENGAN CERDAS

oleh :

Sang Kreator Literasi

SEHINGGA TULISAN KITA MENJADI TULISAN YANG BERBOBOT DAN BERKUALITAS SECARA MAKNAWI. ORANG MEMBACANYA MERASA MENDAPATKAN INSPIRASI, TANPA HARUS BERFIKIR PANJANG

  1. AWALI DENGAN BERSEDEKAH SEKUAT TENAGA-APA ADANYA

Tidak perlu banyak, namun rutin dan mampu. Cukup dengan 5K atau 10K. Masukanlah pada botol “sedekah” sambil membaca surat al-fatihah satu kali dan surat al-Ikhlas tiga kali untuk dihadiahkan kepada Guru kita.

  1. BERAMAL TERLEBIH DAHULU DI WAKTU-WAKTU YANG MUSTAJABAH

Gunakan waktu (1) setelah dan (2) menjelang shubuh, (3) setelah dhuhur atau (4) setelah maghrib untuk beramal atau (5) tengah malam. Tapi tidak menutup kemungkinan pada waktu-waktu yang juga ada kesempatan. Seperti menjelang menulis di waktu tertentu yang kita bisa atau sempat diri.

  1. MULAILAH MENULIS DENGAN IDE BESARNYA PADA CORETAN KERTAS

Gunakan buku atau kertas folio bergaris, lakukanlah menulis dengan tema-tema besar yang akan anda tulis. Buatlah peta pikiran atau coretan yang membentuk gambaran pikiran kita.

  1. LALU KEMBANGKAN MENJADI PARAGRAF-PARAGRAF SEDERHANA BERSERTA HASIL AKHIRNYA

Tema-tema besar tersebut kembangkan menjadi beberapa paragraf yang menjabarkan tema menjadi sebuah ungkapan yang perlu disampaikan. Fokuslah pada gagasan yang ingin kita kupas secara mendalam.

  1. MULAILAH MENULIS DI LAPTOP DENGAN TENANG

Jangan ragu untuk memulai menyentuh keyboard dan membangun kalimat dengan huruf-huruf. Sampaikanlah apa yang menjadi hal yang perlu anda sampaikan dari hati, mulut, dan hingga tulisan.

  1. SELAMA MENULIS, USAHAKAN DALAM KONDISI HADIR GURU DAN SUCI DARI HADATS

Lakukanlah wuquf qolbi selama menulis dan jika sedang datang hadats, kentut misalnya, langsung ambil air wudlu kembali.

  1. KETIKA TULISAN KITA SUDAH JADI, MAKA BACALAH BERULANG-ULANG

Agar tidak ditemukan kesalahan dalam menyampaikan kalimat atau ide-ide yang kurang tepat untuk disampaikan. Jika bingung dan kesulitan dalam memahami metode ini silahkan berkonsultasi dengan  Raden Mas Aryo Turkiyo MGL, RS, diwaktu yang anda siap untuk menulis. Semoga bermanfaat.