Rijalul Ansor Palang; Membangun Indonesia dari Akar Peradaban Islam di Desa

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 19.30 hingga pukul 22.00 yang dimulai dengan Pra acara dengan lantunan Sholawat dari tim Sholawat MDSRA Kecamatan Palang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan Tahlil untuk Muasis NU Ansor kemudian dilanjutkan dengan pembacaa Sholawat Mahalul qiyam dan dilanjutkan dengan Menyanyikan Mars Shubbanul Wathon.

Jangan lagi kita kecolongan Gerakan Islam Transnasional dan anti-madzhab yang merusak ketentraman dan kerukunan islam di desa, jangan lagi ada bentuk pengibaran bendera putih hitam bertuliskan syahadad di beberapa musholla dan jangan lagi ada perkumpulan yang “mengharamkan” tradisi-tradisi keislaman yang dipersatukan dengan kearifan local budaya Indonesia.

Kami, GP Ansor sebagai generasi muda Islam patut berkerja keras untuk konsisten berjuang dijalur yang benar dan berkibar dijalur yang netral—untuk menjaga Indonesia tetap utuh dan tetap menjadi identitas kebangsaan bagi orang Indonesia, mulai dari kota hingga di desa.

Bacaan Lainnya

Untuk mewujudkan hal itulah maka, pada malam sabtu tepatnya di masjid Mangunsari desa Tegalbang, Palang, Tuban telah dilaksanakan Kegiatan rutinan majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor Palang yang dipimpin oleh Ustadz Mulyakin,M.Pd Kegiatan itu berjalan dengan khidmat dan meriah.

Sebulan sekali, saya dan ustadz Mulyakin bersama sahabat-sahabat saya yang lainnya berkeliling ke setiap masjid di desa-desa secara bergiliran, mengadakan sholawatan, pembacaan maulid dziba’ dan membaca ratibul hadad. Langkah ini merupakan strategi kami untuk menguatkan tradisi kami sebagai masyarakat muslim Indonesia yang tetap menjaga keuntuhan Indonesia.

Sebagai sebuah badan yang dibentuk oleh Pimpinan Ansor dimasing masing tingkatannya yang bertujuan untuk menjaga dan melestarikan ajaran serta amaliyah islam Ahlusunnahwaljamaah, majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor untuk menegaskan dirinya sebagai sebuah badan kelembagaan masyarakat yang berkontribusi penting bagi tradisi islam

Kegiatan MDSRA PAC GP Ansor di Kecamatan Palang dilaksanakan setiap Hari Jumat Wage mulai sejak pukul 06.00 -23.00 yang di isi dengan kegiatan Khotmil Quran yang dipandu oleh para Huffadz yang tergabung dalam Tim Khotmil Quran MDSRA Kecamatan Palang.

Dalam agenda kegiatan ini juga ditugaskan seorang kepada seorang kader untuk bertugas sebagai Khotib dan Imam sholat Jumat hal ini dilakukan sebagai upaya kaderisasi keutamaan sekaligus sebagai sarana upaya komunikasi koordinasi serta konsolidasi organisasi bersama dengan stake Holder di Desa yang ditempati kegiatan MDSRA

Lalu dilanjutkan dengan kegiatan kerja bakti bersama pengurus ranting Ansor dan satkorkel Banser setempat dalam mempersiapkan segala macam kebutuhan perlengkapan mulai dari membersihkan masjid dan lingkungan sekitar memasang bendera dan umbul umbul organisasi serta seluruh kebutuhan perlengkapan yang akan digunakan kegiatan pada malam hari

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 19.30 hingga pukul 22.00 yang dimulai dengan Pra acara dengan lantunan Sholawat dari tim Sholawat MDSRA Kecamatan Palang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan Tahlil untuk Muasis NU Ansor kemudian dilanjutkan dengan pembacaa Sholawat Mahalul qiyam dan dilanjutkan dengan Menyanyikan Mars Shubbanul Wathon.

Dalam sebuah sambutan sebagai Ketua PAC GP Ansor Palang saya menyampaikan bahwa Ansor adalah bagian dari NU dan bisa dikatakan masa depan NU adalah Ansor, NU dalam hal ini adalah sebagai Jamiyyah Diniyah (Organisasi Keagamaan) dan sekaligus sebagai Jamiyyah Ijtimaiyah (Organisasi Kemasyarakatan)

Oleh karena itu ketua mengajak seluruh kader Ansor untuk senantiasa menjalankan fungsinya sebagai Organisasi Keagamaan untuk selalu menjaga dan melestarikan ajaran agama Islam Ahlusunnahwaljamaah.

Selain itu kami juga hadir secara nyata dalam berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik di bidang Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi dan Sosial sehingga lenih terlihat tampak jika kehadiran kami di Ansor bisa dirasakan manfaatnya ditengah tengah Masyarakat dan senantiasa menjaga dan mengawal kemajemukan dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

***

Pada malam itu, tema kegiatan kami adalah “Tawassul” yang telah dikupas tuntas oleh Ustadz Muhammad Rifai bersama dengan Tim Kajian kitab di MDSRA PAC GP Ansor Kecamatan Palang, kemudian ditutup dan diakhiri Doa Oleh Rois Syuriah PRNU Desa Tegalbang.

Secara kelembagaan MDSRA PAC GP Ansor memiliki 3 bidang fokus keahlian yang diemban yang pertama bidang Tahfidzul Quran yang dikoordinatori oleh Shbt. Ustadz Masruri, bidang Pengkajian kitab Salaf / Kitab kuning  Shbt. Ustadz Mohammad Syakir dan bidang Seni Hadrah/Sholawat Shbt. Ustadz Muhammad  Rifai.

Pos terkait