Oktober 25, 2020

KOMUNITAS KITASAMA

Menebar Pengetahuan Membuka Wawasan

MEMBONGKAR MISTERI SANG BIDADARI NAWANG WULAN: Rihlah aL-Ilmiah II

Kegiatan : Petualangan Ilmiah

Pemantik : Aulina Umazah

Waktu : Jum’at, 17 April 2020 / 21 Sya’ban 1440

Pukul : 14.00

Tempat : Jl. Raya Kesamben RT: 02 RW: 01 Kesamben Plumpang

Peserta : Umum

Tarif : Rp. 25.000

 

Indonesia merupakan negeri yang sangat indah dan mempesone. Dunianya tidak hanya terbatas pada aspek material yang kasat mata, namun juga dunia-dunia yang tak kasat mata namun menjadi kenyataan dan cerita yang melegenda.

Bak sebuah perpustakaan luasnya negeri Indonesia akan kisah-kisah tak akan ada habisnya untuk dikupas dan dikaji bersama. Berada dalam kehidupan dengan legenda dan mitos masyarakat Indonesia merupakan bagian dari kehidupan nyata itu sendiri, bukan khayalan dan imajinasi.

Nawang Wulan sosok bidadari yang—konon dinikahi oleh Jaka Tarub menjadi identitas kecantikan para gadis-gadis jawa dan bagian penting dari keelokan yang dimiliki oleh perempuan jawa. Nawang Wulan menjadi sosok yang sangat mengagumkan dari telinga ke telinga yang didengar.

Ia dipentaskan dalam drama, dikaji dalam riset, didiskusikan dalam foklor, dinyanyikan dalam qasidah (nasida ria) dan diabadikan dalam perilaku mulia muslimah Jawa.

Sehingga wajar jika namanya selalu menjadi bahan menarik untuk dikaji dan dibedah. Paling tidak ada empat poin penting saat ini yang perlu dikaji dalam sosok Nawang Wulan,

  1. Nawang Wulan dalam konteks perempuan modern Jawa
  2. Meneladani Nawang Wulan dalam perspektif Islam
  3. Nawang Wulan; Siapakah dia sesungguhnya, wali (dewi), Jin, putri desa, siluman atau hanya legenda yang berangkat dari mitos?
  4. Mengirim al-Fatihah untuk Nawang Wulan, sebagai wujud penghormatan dan pendoaan atas perannya. Mungkinkah?

Empat hal inilah yang kemudian terangkum dalam tema besar “Mewujudkan Nawang Wulan di era Industri 4.0” yang akan dibedah oleh Aulina Umazah yang dalam proses skripsinya meneliti tentang sosok Nawang Wulan.