Oktober 31, 2020

KOMUNITAS KITASAMA

Menebar Pengetahuan Membuka Wawasan

KAJIAN PEMIKIRAN ISLAM-KONTEMPORER; KITAB NASHOIHUL IBAD

Waktu : Setiap hari Kamis

Tempat : Rumah Buku Kitasama

Kitab : Nashoihul Ibad (Nasehat-nasehat para ahli ibadah)

pembaca : Ustadz Abu Afnay al-Falanjistani

Kategori Peserta : Umum (Mendaftar terlebih dahulu)

Metode : Bandongan, Diskusi, dan Ceramah Klasikal

 

Krisis pengetahuan dan identitas yang dihadapi manusia modern saat bersumber dari segala tindaklakunya yang hanya memikirkan kehidupan sementara dan mengabaikan kehidupan keabadian.

Manusia modern cenderung mengedepankan usaha-usaha untuk memperbanyak harta benda, meningkatkan karir, menaikkan jabatan, dan menumpuk property hingga jumlah yang tidak ada batasnya.

Dengan kata lain manusia modern—bahkan sejak zaman para nabi sebelum Rasulullah (mulai Namruj hingga Fir’aun dan kafir Qurasy) merupakan masyarakat yang cinta akan dunia dan merasa kenikmatan dunia adalah keabadian.

Akibat dari sikapnya yang sangat mencintai kehidupan dunia inilah mereka pada gilirannya takut dengan kematian, adzab hari kiamat, balasan perilaku buruk dan “totalan amal perbuatan” kelak diakhirat.

Apa yang saat ini kita saksikan dari seluruh kehidupan lapisan masyarakat, dari desa hingga kota adalah pemujaan dan meneladani pada sosok orang yang kaya harta, kaya rumah dan banyak perusahaan serta nominal di rekening yang melimpah. Mereka menjadi panutan dan figur yang layak ditiru dan dijadikan contoh hidup.

Padahal sejatinya, para pecinta dunia dan penggemar kenikmatan dunia merupakan bagian dari kegelapan hidup yang akan mengantarkan pada jalan kegelapan kelak ketika nyawa sudah berpisah dengan tubuh dan sang waktu telah menghentikan kehidupan.

Berangkat dari keresahan inilah kitab klasik dalam tradisi pesantren “Nashoihul Ibad”—Nasehat Para Ahli Ibadah—menjadi solusi awal untuk belajar tentang petuah-petuah yang bisa memberikan sedikit lentera bagi pemikiran masyarakat modern agar tidak terjebak pada kehidupan dunia.

Oleh karena itulah Komunitas Kitasama menyelenggarakan pengajian ini pada setiap hari kamis sore pukul 15.00 di Rumah Buku Kitasam untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat kontemporer ini untuk membuka diri agar mampu menyelamai kesalahan dan kebodohannya dalam menikmati kehidupan dunia.

Selamat menikmati Sajian Komunitas Kitasama, semoga bermanfaat.