Oktober 24, 2020

KOMUNITAS KITASAMA

Menebar Pengetahuan Membuka Wawasan

IDEOLOGI  PANCASILA DAN NU TENGAH DI ERA REVOLUSI  INDUSTRI 4.0

oleh : Rif’an Maulana

 

Ideologi adalah kumpulan ide-ide dasar, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang sifatnya sistematis sesuai dengan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara, ideologi ada macam jenisnya yaitu Komunisme, marxisme, liberalisme, sosialisme, kapitalisme dan pancasila yang di pakai oleh bangsa kita yakni Negara kesatuan republic Indonesia.

Pancasila telah tumbuh sebagai ideology bangsa sejak awal kemerdekaan Indonesia juga sebagai pemersatu bangsa, didalamnya terkandung ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan demokrasi yang membangun kesejahteraan social. Hal fundamental tersebut telah membangun Negara Indonesia hingga masa dewasa ini.

Dasar filosofis keberadaan pancasila timbul dari pancaran karakter bangsa Indonesia yang sanggat khas. Betapa isi kandungan pancasila digali dari kehidupan bangsa Indonesia yang telah mengakar namun nilai nilai pancasila tetap bisa diterima secara universal. Secara folosofis, pendidikan adalah sebuah sarana pembangun dan membentuk karakter bangsa Indonesia yang khas, maka dari itulah pentingnya pendidikan pancasila harus di mulai sejak dini.

Sekarang ini kita mulai memasuki revolusi industry 4.0 seisi dunia telah di penuhi dengan perkembangan pesat mulai dari komunikasi hingga industy. Globalisasi menjadi keuntungan sekaligus tantangan bagi kita para pelajar nahdlatul ulama, di era industry 4.0 yang serba praktis ini, kita pelajar nahdlatul ulama di hadapkan pada tantangan bagaimana menyingkronkan budaya pancasila dan kuatnya arus globalisasi yang masuk ke Negara kita Indonesia ini.

Agar kita sebagai generasi milenial dan pelajar nahdlatul ulama tetap memiliki pondasi yang kuat, maka di butuhkan pemahaman mengenai pendidikan ideologi pancasila , hal tersebut bisa diperoleh melalui pendidikan formal missal di sekolah sekolah dan pendidikan non-formal missal di sebuah organisasi, maupun dikehidupan sehari-hari. Mengembangkan sikap – sikap yang mencerminkan nilai nilai pancasila, seperti menjadi lebih kritis dalam menerima informasi dan menyebarkannya.

Maka disamping kemajuan teknologi efek dari industry 4.0 kita sebagai generasi milenial dan pelajar nahdlatul ulama yang akan menentukan masa depan bangsa, kita harus bisa menyeimbangkan ideology pancasila dengan perubahan zaman dimana semua itu di mulai dari diri kita sendiri lalu menyebarkan kepada teman – teman dan orang–orang di sekitar kita, marilah kita sebagai generasi nahlatul ulama yang memiliki karakter sebagai bangsa Indonesia yang berideologi pancasila.

Karena ideoloi pancasila sendiri sudah final sudah tidak bisa lagi diganti, karena itu adalah sebuah kesepakatan para founding father para pendiri bangsa kita ini