Oktober 29, 2020

KOMUNITAS KITASAMA

Menebar Pengetahuan Membuka Wawasan

GERAKAN TUBAN BERBAGI, BERSAMA MELAWAN CORONA

Tuban. Sejumlah relawan yang tergabung dalam komunitas Tuban Berbagi melakukan aksi sosial peduli Covid-19 pada tanggal 3, 9, 10 dan 21 Mei 2020. Mereka membagikan 1.200 masker kain, puluhan paket sembako bagi masyarakat dan puluhan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di RS NU Tuban yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19.

Beberapa bulan terakhir, Dunia sedang dilanda oleh pandemi Covid-19 begitu pula Indonesia. Pandemi ini menggerakkan hati para pemuda Indonesia untuk memberikan kontribusi terbaik mereka. Hal itu juga dilakukan oleh sejumlah relawan yang tergabung dalam komunitas Tuban Berbagi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Founder Tuban Berbagi, Ahmad Fahrur Rozi yang berstatus sebagai Mahasiswa Profesi Dokter Universitas Airlangga, menyampaikan angka penularan virus corona semakin melonjak drastis di berbagai Negara tak terkecuali Indonesia.

Ozi, sapaan akrab Ahmad Fahrur Rozi, mengatakan seperti himbauan pemerintah untuk memutus penyebaran virus tersebut kita harus menggunakan masker saat keluar rumah dan sering mencuci tangan serta melakukan social distancing.

Namun kurangnya kesadaran masyarakat dalam memakai masker saat keluar rumah, persedian alat pelidung diri (APD) yang minim bagi tenaga medis dan perlunya bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak, mengetuk nurani para relawan. Sehingga komunitas Tuban Berbagi mengadakan aksi sosial demi kesehatan dan kesejahteraan bersama di beberapa kecamatan yang berada di Kabupaten Tuban.

Mereka memulai aksinya pada tanggal 3 mei dan menuntaskan aksi tersebut pada tanggal 21 mei.

Aksi yang dilakukan meliputi pembagian masker kain yang dilaksanakan di delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Soko, Rengel, Grabagan, Plumpang, Widang, Semanding dan Tuban Kota pada tanggal 3, 9, 10, dan 21 mei 2020, penyerahan APD pada RS NU Tuban tanggal 9 mei 2020, dan pembagian sembako tanggal 9 dan 10 mei 2020.

Sebagaimana jargonnya, Semangat Juang, Peduli dan Saling Berbagi, mereka berharap setiap lapisan masyarakat mampu peduli satu sama lain, mengingatkan, dan saling berbagi untuk kebaikan bersama.

Pewarta: Jurnalis Kitasama

Editor: Moh. Syihabuddin