Oktober 1, 2020

KOMUNITAS KITASAMA

Menebar Pengetahuan Membuka Wawasan

DISKUSI AKTUAL (RUTIN) SELASA MALAM “PEREMPUAN, KEPEMIMPINAN, DAN BUMI DI MASA PANDEMIK COVID-19

Kondisi pandemik covid-19 melahirkan beragam tantangan yang sangat kompleks pada kehidupan seluruh manusia di muka bumi. Seluruh dunia telah disibukkan dengan menghadang laju virus yang tak terduga ini, dan menjadi semacam Black Swan yang mengguncang stabilitas ekonomi setiap negara.

Kebijakan pemerintah, kondisi pasar, stabilitas ekonomi, pasar keuangan, dan seluruh aspek kehidupan dalam setiap negara telah berubah drastis “memaksa” setiap pemimpin untuk mengambil kebijakan yang sangat tegas dan berani agar mampu mengendalikan stabilitas warganya.

Tidak hanya dalam konteks domestik rumah tangga, kepemimpinan perempuan menjadi niscaya dalam menghadapi tantangan pandemik covid-19 dalam konteks kepemimpinan bernegara.

Di tingkat domestik rumah tangga perempuan berjibaku membangun ekonomi keluarga yang sedang runtuh dihantam PHK (suaminya), dan kehilangan pekerjaan di pasar. Mereka memanfaatkan segala lini untuk mendapatkan penghasilan tambahan, terutama memanfaatkan ketersediaan fasilitas online atau transaksi daring.

Pada tingkat kepemimpinan bernegera, muncul beberapa pemimpin perempuan yang tampil memukau menghasilkan kebijakan yang sangat efektif untuk menghadapi pandemik covid-19. Baik dalam kepemimpinan internasional ataupun kepemimpinan nasional.

Kanselir Angela Merkel mungkin salah satu pemimpin yang paling sukses di tingkat internasional yang mampu membawa Jerman menjadi negara paling sedikit kasus covid-19-nya di Eropa, paling sedikit kematiannya, paling sedikit kerugiannya dan paling cepat pemulihan ekonomi masyarakatnya. Di bawah kepemimpinan Angela Merkel Jerman menjadi negara yang paling stabil dalam mengendalikan penyebaran virus dari cina ini dan negara percontohan dalam mempercepat pemulihan ekonominya pasca pandemik.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa, mungkin salah satu pemimpin yang paling sukses di tingkat nasional yang mampu membawa Jawa Timur menjadi provinsi dengan penanganan tercepat, pelayanan terintegrasi, penurunan tercepat, dan kerugian yang terus menurun dalam menghadapi pandemik covid-19.

Dua contoh tokoh ini telah memperlihatkan peranan kepemimpinan perempuan yang sangat efektif, cerdas, cepat, dan efesien dalam menghadapi pandemik covid-19 yang telah melanda masyarakatnya.

Perempuan terbukti memiliki kemampuan yang patut mendapatkan porsi lebih dan bahkan sejajar dengan laki-laki, perempuan terbukti mampu dengan segala kemampuan yang telah dibangunnya, dan perempuan terbukti bisa menjalankan keruwetan dan kerumitan problematika yang telah dihadapi oleh masyarakat global.

Diskusi malam ini, kita akan membahas tentang Tema “Perempuan, Kepemimpinan dan Bumi di masa Pandemik.”

Kita akan mengupas beberapa sub tema yang sangat penting yang kaitannya dengan isu-isu pandemik, diantaranya adalah :

  1. Gerakan Perempuan menjaga dan melestarikan Bumi
  2. Pemikiran Pemimpin perempuan Dunia di masa pandemik
  3. Apakah Masa depan bumi merupakan masa depan perempuan?  
  4. Bagaimana Bentuk ideal kepemimpinan perempuan pasca pandemik covid-19?
  5. Apa dan bagaimana yang dilakukan oleh Perempuan Indonesia di tengah pandemik?