Oktober 27, 2020

KOMUNITAS KITASAMA

Menebar Pengetahuan Membuka Wawasan

CORONA, ORANG GILA DAN PENGARUHNYA

oleh : Khoirul Marom

 

Semakin hari semakin menjadi virus yang berasal dari Wuhan china ini ( haah lagi lagi dari Negara besar yang yang menjadi awal ada nya masalah , ndak amerika ndak china , kata nya sains dan teknologi berkembang pesat tapi masalah baru selalu muncul). Tidak Cuma di kota kota besar virus ini mulai di rasakan dampak nya di desa desa .mulai dari ekonomi sosial sampek tradisi tradisi  ke agamaan berdampak hanya gara-gara virus kecil dari china.  Wabah corona atau bahasa keren nya  coveid-19 ini membuat pemerintah Indonesia harus pintar pintar nya memotar otak selain harus meminalisir dan memutus rantai penyebran virus ini  pemerintah juga memikirkan perekonomian Negara. Dari penerapan SOP Kesehatan setiap hari mulai dari mencuci tangan ,memakai masker bahkan sampai Penerapan PSBB ( Pembatasan social Bersekatla Besar) telah di lakukan Negara ini . tapi pertumbuhan virus ini masih terjadi Mulai dai pecabat , pegawai, pedagang , petani, dan sampai Nelayan terkena dampak nya. entah itu dampak langsung dari virus (sakit) atau dampak  tak langsung ( Ekonomi) Semua di bikin resah oleh virus ini .

heeemh separah itukah negaraku apakah semua lapisan masyarakat akan terinveksi oleh virus Licik Ini dan terkena dampaknya?

Tentu tidak karena ada satu lapisan masyarakan yang tidak terkena bahkan saya rasa tidak akan terkena oleh virus ini yakni orang gila. Iya orang giala yang berjalan santui di pingir jalan tak pernah mandi badan kotor bau tak memakai pakaian bahkan.tetapi anehnya hanya orang gila  yang tak terkena  dampak langsung maupun tak langsung dari virus ini,  bukan karena tidak tahuanya mengenai virus , toh virus mampu menyerang siapapun walau mereka tak tau bentuk dan lagi viralnya virus ini. mereka juga tak perna tu menerapkan SOP Kesehatan Maupun berdiam diri dirumah malah potensi terbesar virus menjangkit virus ini adalah orang gila. Tapi buktinya meraka satu pun nggak ada yang di beritakan terinveksi virus corona ( apa china sudah faham ya dengan kondisi orang gila di Indonesia yang tak akan mampu membeli obat dari nya  hehe atau media yang kurang teliti) .Psikologi WIene Dewi dari himpunan Psikologi Indonesia (himpsi) Mengatakan Kepanikan Kecemasan dan Stres dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga rentan terhadap penyakit termasuk terinfeksi virus corona. heeemh mungkin betul kata beliau karena orang gila tak punya rasa cemas rasa stress atau takut jadi hanya orang gila yang selamat.

Bukan nya saya mau mengkritik kebijakan Negara yang menerapkan SOP Kesehatan dan PSBB  yang akhirnya ber dampak sangat besar terhadap per ekonomian masyarakat kalangan tengah kebawah. tetapi setidak nya kalo kita memakai prinsipnya orang gila lah sekali kali  yang sedikit kita modifikasi dengan pemikiran orang waras mungkin kita mampu terhindar dampak langsung maupun tak langsung tadi. Tetap menerapkan SOP Kesehatan jaga jarak minimal 1 meter dan tetap bersifat santui tak panik tak cemas dan tetap semangat beraktifitas , setidaknya tidak terdampak oleh virus dari sisi fisik dan ekonomi.