Oktober 29, 2020

KOMUNITAS KITASAMA

Menebar Pengetahuan Membuka Wawasan

KAJIAN ISLAM KONTEMPORER KITAB MUHTASHOR ABI JAMROH

Kegiatan : Kajian Islam Kontemporer

Kitab : Muhtashor Abi Jamroh (Kumpulan Hadits)

Tempat : Masjid al-Dhuha Setro Ketambul Palang Tuban

waktu : Setiap hari jum’at dan Sabtu pukul 19.30 (ba’da isya’)

metode : Diskusi, ceramah klasikal, dan bandongan-sorogan.

peserta : Pelajar, Mahasantri, Mahasiswa dan Santri

 

Kebutuhan dasar bagi pemeluk islam adalah mengetahui kewajiban dan memahami pengetahuan tentang agamanya. Sebelum seorang muslim mendapatkan atau mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan keahlian dan pekerjaan tugas awalnya adalah mengetahui kewajibannya sebagai hamba Allah dan memahami ketinggian syariat Islam.

Disamping itu Karena disibukkan dengan pekerjaan “sekolah” yang membosankan dan melelahkan, ambisi orang tua yang gila kerja dan kenyataan yang membutuhkan kekayaan, anak-anak generasi milennial cenderung kurang mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang keilmuan syariat Islam.

Untuk memenuhi kebutuhan itulah maka komunitas kitasama menyelenggarakan kegiatan pengajian dan kajian Islam kontemporer dengan berpijak pada kitab Muhtashor Abi Jamroh (Ringkasan Syech Abi Jamroh) yang merupakan kumpulan hadist-hadits pilihan dijadikan sebagai “bahan dasar” untuk memulai diskusi dan kajian.

Kegiatan ini menjadi sangat penting tatkalah dihadapkan pada kebutuhan masyarakat yang semakin kering akan informasi pengetahuan Islam dan gersang atas wawasan keagamaan. Maka tidak mengherankan jika kegiatan kajian ini menjadi sangat relevan sekali, terutama bagi generasi muda remaja, pelajar dan santri yang masih duduk dibangku kuliah dan sekolah menengah atas.

Selamat menikmati sajian rutin komunitas kitasama